Kemenhub akan Tingkatkan Bandara Komodo jadi Bertaraf Internasional

Kompas.com - 20/01/2017, 20:38 WIB
Bandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANABandara Komodo di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana meningkatkan level Bandara Komodo Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi Internasional.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerangkan, rencana tersebut untuk mendukung pariwisata di Labuan Bajo khususnya Pulau Komodo. Dengan demikian, para wisatawan asing tidak perlu melakukan transit di Bandara Ngurah Rai Bali, tetapi langsung menuju ke Bandara Komodo Labuan Bajo.

"Saya lagi berpikir ingin Labuan Bajo miliki bandara Internasional. Labuan Bajo sangat potensial. Apalagi daerah itu dekat dengan Australia," ujar Budi Karya saat ditemui di Kantor Kemenhub Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Akan tetapi, kata Budi Karya, rencana tersebut masih tersebut dipertimbangkan. Menurut dia, pertimbangan yang masih dibahas pada keamanan. Sebab, dengan peningkatan level menjadi internasional kemungkinan adanya barang ilegal yang dibawa oleh  warga negara asing.

Namun, sayangnya dirinya tidak menyebut kapan peralihan status internasional pada Bandara Komodo Labuan Bajo

"Oleh karenanya kita akan lihat seksama, tetapi Labuan Bajo mungkin akan kita pikirkan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.