Kompas.com - 21/01/2017, 19:00 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu kredit merupakan alat transaksi yang bisa membantu kemudahan pembayaran, belanja, bahkan dilengkapi juga dengan fitur tarik tunai.

Memiliki kartu kredit bisa menjadi hal yang bermanfaat bagi Anda apabila Anda memiliki kebutuhan tinggi terkait transaksi pembayaran.

Misalnya, bila Anda sering bepergian ke luar negeri, senang berbelanja (groceries), atau kerap bertransaksi untuk berbagai keperluan, mungkin memiliki kartu kredit adalah keputusan tepat bagi Anda.

Kartu kredit dengan berbagai fitur yang menarik, bisa sangat memudahkan pemegangnya dalam beraktivitas seputar transaksi keuangan.

Tapi, di sisi lain, kartu kredit bisa menjadi sumber masalah yang membahayakan keuangan kita apabila dalam penggunaannya kurang bijak.

Nah, bila Anda termasuk kalangan pemegang kartu kredit yang baru, Anda perlu menyimak tips penting berikut ini :

1.    Pahami aturan main dan jenis biaya

Kartu kredit adalah produk perbankan yang mengikat perjanjian antara bank dengan pemegang kartu. Ada aturan main yang berlaku dan berbeda-beda di masing-masing bank penerbit.

Sebagai nasabah, Anda harus paham betul, apa saja hak dan kewajiban. Kapan tagihan akan diterbitkan dan Anda terima. Apa saja biaya-biaya yang dibebankan dalam setiap transaksi. Kapan tanggal jatuh tempo, bagaimana mekanisme penghitungan bunga, dan lain sebagainya.

2.    Pilih kartu kredit sesuai kemampuan dan kebutuhan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.