Bandara Kulon Progo Mampu Tampung 15 Juta Penumpang Per Tahun

Kompas.com - 22/01/2017, 15:09 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017). Kristian ErdiantoMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis (19/1/2017).
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorFidel Ali

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — PT Angkasa Pura I (Persero) (AP I) mengungkapkan, Bandara Baru di Kulonprogo nantinya dapat menampung 15 juta penumpang per tahun. Jumlah itu naik signifikan dibandingkan kapasitas Bandara Adi Sutjipto yang tersedia untuk 1,2 juta penumpang per tahun.

Direktur Utama AP I Danang S Baskoro mengatakan, pembangunan bandara baru sangat diperlukan karena saat ini pengembangan Bandara Adi Sutjipto sudah tidak memungkinkan lagi.

Sebab, lahan yang terdapat di sebelah kiri dan kanan Adi Sutjipto merupakan sungai. Terlebih lagi, saat ini TNI Angkatan Udara masih menggunakan bandara tersebut untuk menerbangkan pesawat latih.

"Selain itu, di sebelahnya juga sudah terdapat bangunan-bangunan tinggi," ujar Danang saat meninjau lahan bandara baru di Kulonprogo, Yogyakarta, Sabtu (21/1/2017).

Danang menjelaskan, tahap awal pembangunan yang akan dilakukan adalah pekerjaan pre-eliminary, seperti pemagaran area bandara, land clearing, dan pemindahan pohon. Tahap tersebut akan dikerjakan selama 3-6 bulan.

Selanjutnya, kata Danang, pengerjaan fisik akan dilakukan pada pertengahan tahun, seperti konstruksi landasan pacu atau runway dan apron pesawat. Danang juga mengatakan, pembebasan lahan akan diselesaikan pada April 2017.

Saat ini, lahan yang sudah dibebaskan sebesar 91 persen dari 578,2 hektar. Sisanya, sebesar 9 persen atau 51 hektar, akan diselesaikan melalui proses konsinyasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk investasi, kami siapkan dana sebesar Rp 9,3 triliun. Untuk tanah, kami gunakan dana Rp 4,2 triliun," katanya.

Dirinya pun menargetkan, bandara baru di Kulonprogo dapat dioperasikan pada Maret 2019. Sementara itu, penyelesaian keseluruhan ditargetkan pada akhir tahun 2019.

Pembangunan bandara baru di Kulonprogo ini telah digagas sejak tahun 2012. Selain untuk mendukung pariwisata, bandara tersebut juga untuk menggantikan Bandara Adi Sutjipto yang telah tidak memadai secara kapasitas.

Kompas TV Kereta Bandara Soekarno-Hatta Segera Dibangun
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.