Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Harap Bank Mandiri Layani Transaksi di Tanjung Priok Tiap Hari

Kompas.com - 23/01/2017, 13:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjalin kerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk untuk penyediaan layanan perbankan.

Kerja sama ini guna memudahkan transaksi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Kemenhub, sekaligus memberikan fasilitas pembayaran gaji maupun pembiayaan bagi karyawan di lingkungan Kemenhub.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, kerja sama pemanfaatan layanan perbankan tersebut dapat mensinergikan kegiatan-kegiatan Kemenhub yang berhubungan dengan keuangan.

Selain itu, kerja sama dengan perbankan juga membuat kegiatan keuangan lebih efisien. Di samping itu, Budi juga mengharapkan kerja sama dengan perbankan, khususnya Bank Mandiri dapat dilakukan pada pelayanan lainnya.

Pasalnya, dunia transportasi dan perhubungan erat kaitan dengan konektivitas dan berbagai transaksi.

Saat ini pun masih ada layanan keuangan di lingkungan kerja Kemenhub yang belum terkelola secara optimal.

Budi memberi contoh adalah layanan keuangan kepelabuhanan di Pelabuhan Tanjung Priok.

"Kami menginginkan jangka panjang bisa melayani tidak kenal malam, tidak kenal Sabtu-Minggu. Di Tanjung Priok kalau Sabtu dan Minggu stuck, tidak ada pembayaran," ujar Budi di kantornya di Jakarta, Senin (23/1/2017).

Oleh karena itu, Budi meminta pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut secara intensif membuka pembicaraan terkait kemungkinan kerja sama dengan Bank Mandiri maupun Pelindo.

Dengan demikian, celah kosong semacam ini bisa ditutup dan terlayani dengan baik. Budi pun menuturkan, dengan kerja sama semacam itu, maka semua pihak akan merasakan manfaatnya. Selain itu, marjin dan efisiensi pun dapat diperoleh.

"Keberhasilan Bank Mandiri, Pelindo, dan Kemenhub adalah keberhasilan kita semua. Saya minta teman-teman di Perhubungan mengubah cara berpikir bagaimana ini bisa jadi kesempatan," tutur Budi.

(Baca: Bank Mandiri Layani Transaksi Pembayaran PNBP Kementerian Perhubungan)

Kompas TV Menhub Akan Merombak Tata Kelola Pelabuhan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com