IPO Anak Usaha, Pelindo II Tunggu Kajian Penasihat Keuangan

Kompas.com - 23/01/2017, 21:53 WIB
Elvyn G. Masassya KOMPAS/YUNIADHI AGUNGElvyn G. Masassya
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) mengatakan, rencana penawaran saham perdana atau Initial Public Offering tiga anak usahanya masih menunggu rekomendasi pengelola keuangan atau financial advisor. Tiga anak usaha tersebut yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT), dan PT Jasa Armada Indonesia (JAI).

Direktur Pelindo II Elvyn G Masassya mengatakan, financial advisor nantinya akan mengkaji kesiapan dan harga yang akan dijual di pasar modal.

"Jadi kita tunggu rekomendasi financial advisor yang mana paling siap," ujar Direktur Pelindo II Elvyn G Masassya saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Senin (23/1/2017).

Menurut Elvyn, saham dari ketiga anak usahanya akan menarik para investor. Pasalnya, ini merupakan perusahaan bisnis kepelabuhan pertama yang masuk pasar modal.

Dirinya pun menyebutkan, rencana IPO tiga anak usaha Pelindo II akan direalisasikan pada semester II tahun 2017. "Ketiganya belum ada di capital market, jadi pasti menarik untuk investor," katanya.  

Elvyn menuturkan, pelaksanaan IPO tersebut bertujuan untuk mendorongan pertumbuhan dan ekspansi bisnis dari masing-masing tiga anak usaha tersebut. "IPO ini juga untuk meningkatkan akses permodalan. Jadi tidak perlu meminjam lagi," katanya

Elvyn mengungkapkan, Pelindo II akan meraih dana sebesar Rp 4 triliun dari IPO tiga anak usaha tersebut. Dana itu nantinya akan dipakai untuk pengembangan bisnis kepelabuhan Pelindo II. Untuk itu, Pelindo II akan melepas 30 persen saham masing-masing anak usaha dari jumlah seluruh saham yang dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.