Kompas.com - 24/01/2017, 16:52 WIB
Direktur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo KOMPAS.com/ARI DWI PRASETYODirektur Utama Garuda Indonesia Arif Wibowo
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana merevitalisasi 76 bandara yang memiliki landasan pacu pendek berkisar 800 hingga 1.000 meter.

Revitalisasi 76 bandara yang tersebar di berbagai daerah terpencil di tanah air itu akan dilakukan dalam kurun waktu lima tahun.

Hal tersebut dikatakan Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Arif Wibowo usai bertemu Menteri BUMN Rini Soemarno di Kementerian BUMN, Selasa (24/1/2017).

Menurut Arif, revitalisasi bertujuan untuk meningkatkan akses ke daerah sehingga akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah bersangkutan.

"Revitalisasi bandara kelas IV ini dilakukan pada daerah-daerah yang memiliki pertumbuhan ekonomi bagus, populasi penduduk yang tinggi dan memiliki potensi pasar ekspor," kata Arif.

Garuda Indonesia sendiri, kata Arif tengah mengkaji potensi bandara-bandara tersebut. Selanjutnya, pihaknya akan menerbangkan armadanya untuk menggarap potensi yang ada.

Beberapa bandara yang akan direvitalisasi antara lain Bandara Muara Teweh (Kalimantan Tengah), Bandara Tanjung Enim (Sumatera Selatan), Bandara Karimun Jawa (Jawa Tengah), dan Bandara Pulau Seram (Maluku).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dari 76 bandara itu, 16 di antaranya siap dikembangkan dalam waktu dekat. Selebihnya ditargetkan tuntas dalam lima tahun," terang Arif.

Arif menambahkan, jika 76 bandara tersebut sudah direvitalisasi, Garuda bisa melayani 106 rute penerbangan ke berbagai tujuan di tanah air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.