Kompas.com - 24/01/2017, 18:31 WIB
Ilustrasi articles.latimes.comIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan akan kembali menjual obligasi syariah atau sukuk ke pasar global tahun ini. Pemerintah kini tengah mempersiapkan segala keperluannya.

"Kalau Februari kayanya enggak (bisa), kayanya Maret," ujar Direktur Strategi dan Portofolio Pembiayaan Kemenkeu Scenaider Siahaan di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Penjualan sukuk merupakan salah satu opsi agar pemerintah mendapatkan dana segar untuk keperluan pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Namun Scenaider belum bisa menyebutkan angka pasti sukuk global yang akan dirilis pemerintah. Namun, perkiraan tidak jauh beda dengan tahun lalu sebesar 2,5 miliar dollar AS. "Kalau itu belum tahu. Moga-moga kita dapat seperti tahun yang lalu," kata Scenaider.

Tahun lalu, pemerintah menerbitkan sukuk senilai 2,5 miliar dollar AS, yang terdiri atas sukuk lima tahun 750 juta dollar AS dan sukuk 10 tahun sebesar 1,75 miliar dollar AS. Investor peminat terbesar sukuk berjangka lima tahun dan sepuluh tahun berasal dari negara-negara Timur Tengah, Singapura, Hong Kong, dan Korea Selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.