Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Reza Nugraha Setiawan
personal branding

Personal Branding and PR practitioner, Graduated from Boston University, Boston, Massachusetts.

Tahun Baru dan Personal Branding

Kompas.com - 26/01/2017, 09:28 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
EditorWisnubrata

Tahun baru, semangat baru. Tentunya Anda memiliki resolusi baru di tahun ini, baik peningkatan dalam bidang karir maupun dalam bidang usaha.

Apakah anda menyadari bahwa banyak sekali langkah yang harus dilakukan dalam mewujudkan resolusi anda tersebut?

Tidak harus membuat sebuah perubahan besar atau ekstrim untuk menuju resolusi tersebut, tetapi mulai lah dari hal kecil, yaitu diri anda dan penampilan anda. Personal branding atau yang biasa dikenal dengan merek pribadi adalah salah satu jawabannya.

Penciptaan personal branding atau merek pribadi dapat dimulai dengan memperhatikan penampilan anda. Setujukah anda bahwa penampilan adalah sebuah bentuk dari keinginan seorang individu terutama seorang profesional dalam mencerminkan kesuksesan nya?

Berdasarkan penelitian, konsumen selalu melirik kepada para profesional yang mereka anggap menarik untuk membantu mereka. Oleh sebab itu, menjaga penampilan, baik secara fisik maupun secara teoritis (baca: resume/CV) adalah hal yang sangat penting untuk meraih kesuksesan.

Kita akan bahas hal ini secara bertahap. Yang pertama adalah bagaimana memperbaiki "penampilan" Anda secara teoritis terlebih dahulu.

Sadarkah anda bahwa untuk menciptakan sebuah penampilan secara teoritis tidak semudah yang di bayangkan?

Banyak orang menganggap menciptakan penampilan secara toritis merupakan hal yang mudah. Seandainya memang hal itu mudah dilakukan, tentunya orang tidak akan mengeluh bagaimana sulitnya mencari pekerjaan.

Untuk Anda yang masih belum memulai memikirkan tentang hal itu, kini adalah saat yang tepat untuk mulai melihat kepada profil profesional Anda.

Sebagai seorang profesional, tentunya Anda tahu bahwa banyak faktor dalam meraih kesuksesan dalam meniti karir tidak hanya sebatas mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, tetapi kesuksesan di dalamnya adalah termasuk menaiki jenjang karir.

Melihat trend yang terjadi saat ini, peluang untuk menjadi sukses dalam berkarir tidak hanya bisa di dapatkan secara tradisional, pemanfaatan dunia digital adalah hal yang sangat tepat.

Simak 5 hal yang dapat Anda lakukan sekarang:

1. Cobalah untuk men-Google nama Anda dan lihat hasil pencarian nama Anda tersebut dan mulailah untuk melakukan penilaian terhadap diri sendiri.

Saatnya mengevaluasi, apakah tampilan yang Anda temukan sudah mencerminkan siapa Anda? Ataukah Anda tidak berhasil menemukan nama Anda?

Dimanakah nama Anda muncul? Apakah itu akun jejaring sosial personal atau kah jejaring sosial profesional? Apa bidang Anda dan manfaat hasil dari pencarian nama Anda bagi karir Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com