Kompas.com - 26/01/2017, 19:43 WIB
Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan (tengah) menyerahkan cenderamata kepada Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati disaksikan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roslani (kanan) di acara CIMB Niaga Economic Forum 2017 di Jakarta, Kamis (26/1). Dok CIMB NiagaPresiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan (tengah) menyerahkan cenderamata kepada Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati disaksikan Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roslani (kanan) di acara CIMB Niaga Economic Forum 2017 di Jakarta, Kamis (26/1).
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak indikasi yang menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia terus bergerak naik, seperti harga komoditas yang membaik dan mulai dinamisnya aktivitas di banyak sektor ekonomi. Kondisi ini diharapkan dapat berlanjut dan membawa perubahan positif bagi kemajuan perekonomian Indonesia.

Demikian disampaikan Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan saat membuka CIMB Niaga Economic Forum 2017 bertema Navigating 2017: Anchoring Expectations, Finding Opportunities Kamis (26/1/2017) di Jakarta. Tigor juga menjabat sebagai Ketua Kadin Indonesia Komite Malaysia

Forum hasil kerja sama CIMB Niaga dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia itu bertujuan memberikan wawasan terbaru mengenai kondisi perekonomian terkini dan ekspektasi serta tantangan selama setahun ke depan kepada para nasabah CIMB Niaga. 

Dengan demikian, nasabah bisa memetakan peluang yang ada untuk menumbuhkembangkan bisnisnya secara berkelanjutan.

Dalam forum tersebut, Chief Economist CIMB Niaga Adrian Panggabean mengatakan, volatilitas global diperkirakan masih akan tinggi pada tahun ini.

Hal itu dipengaruhi sejumlah faktor, di antaranya prospek diluncurkannya beleid-beleid baru yang diwacanakan oleh Presiden Amerika Serikat yang baru, meningkatnya tantangan proteksionisme, masih gamangnya perekonomian di zona euro, serta kurang kuatnya perekonomian China dan Jepang.

Selain itu, pelaku bisnis memantau berlangsungnya pemilihan kepala daerah secara serentak di lebih dari 100 pemerintahan daerah dan provinsi di Tanah Air dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan ekonomi dalam negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan Adrian, di tengah tantangan-tantangan tersebut, perekonomian Indonesia tahun ini diyakini bakal menorehkan angka pertumbuhan yang lebih baik dari tahun lalu.

Optimisme tersebut juga ditopang oleh prospek berlanjutnya reformasi lewat serangkaian  paket kebijakan yang masih akan dikeluarkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty) yang diluncurkan tahun lalu dan masih akan berlanjut pada tahun ini diyakini bakal mendatangkan sentimen positif yang akan mendukung sejumlah program yang sudah dicanangkan pemerintah.

Tampil sebagai keynote speaker dalam CIMB Niaga Economic Forum 2017 adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati. Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto juga menjadi narasumber dalam acara tersebut.

Mereka memaparkan mengenai ekspektasi perekonomian ke depan beserta strategi yang dilakukan pemerintah guna mendorong pertumbuhan ekonomi dan melepaskan Indonesia dari ketidakpastian global yang terus membayangi.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.