Trump Dinilai Bagus untuk Industri Otomotif AS

Kompas.com - 27/01/2017, 12:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Ancaman yang pernah dilontarkan Presiden AS Donald Trump kepada industri otomotif AS ternyata tidak semenegangkan yang dikira.

CEO raksasa otomotif AS Fiat Chrsyler Sergio Marchionne mengungkapkan, ia memang merasa cemas dengan rencana pajak perbatasan yang diajukan Trump.

Akan tetapi, Marchionne juga memandang positif kebijakan Trump lainnya, seperti rencana penurunan pajak.

Apabila benar kebijakan pajak korporasi akan diturunkan, menurut Marchionne ini adalah sebuah hal yang bagus.

"Arah kebijakan yang diambil oleh Presiden Trump adalah sesuatu yang kami apresiasi," jelas Marchionne seperti dikutip dari CNN Money, Jumat (27/1/2017).

CEO Ford Mark Fields juga memuji Presiden Trump. Menurut dia, Trump fokus pada kebijakan yang mendorong iklim investasi di Amerika Serikat dan mendukung industri otomotif.

"Saya rasa dia akan sangat fokus pada kebijakan-kebijakan yang mendorong investasu dan penciptaan lapangan kerja di sektor manufaktur AS dan manufaktur otomotif," jelas Fields.

Namun demikian, para pimpinan industri otomotif tersebut masih cemas tentang bagaimana kebijakan-kebijakan baru tersebut bakal diaplikasikan.

Marchionne menuturkan, meski sudah bertemu dengan Trump, ia masih belum tahu bagaimana kebijakan itu akan efektif.

Marchionne menyatakan, Fiat Chrysler sudah mempertimbangkan mengembalikan produksi dari Meksiko ke AS selama bertahun-tahun.

Ini khususnya perakitan truk pickup Ram1500 yang saat ini dilakukan di pabrik di Santillo. Ia mengaku, pihaknya belum bisa berkomitmen dengan rencana itu.

Namun, kata dia, kebijakan-kebijakan Trump bisa saja membuat rencana itu terwujud.

Kompas TV Trump Batalkan Investasi Ford di Meksiko
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.