Kompas.com - 28/01/2017, 09:00 WIB
Ilustrasi Listrik KOMPAS.com/SRI LESTARIIlustrasi Listrik
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah memangkas subsidi listrik bagi sekitar 18,7 juta pelanggan listrik golongann 900 VA, pemerintah berniat menggunting jumlah penerima subsidi listrik golongan 450 VA.

Ada kurang lebih empat juta pelanggan listrik 450 VA yang bakal dicabut subsidinya dan beralih mengonsumsi listrik nonsubsidi pada tahun ini.

Pencabutan subsidi bagi pelanggan golongan terendah yang dianggap mampu ini masih dalam pembahasan.

Harga listrik nonsubsidi dipatok fluktuatif mengikuti pergerakan Indonesia Crude Price (ICP), nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, dan inflasi.

Jika jadi dilaksanakan, makin banyak para pelanggan listrik yang beralih ke setrum nonsubsidi prabayar, lebih murah dari pada pelanggan listrik paska bayar.

Pelanggan listrik prabayar tidak dibebani dengan abodemen bulanan, biaya yang selama ini dibebankan kepada pelanggan paska bayar.

Menjadi pelanggan listrik prabayar berarti Anda akan mengisi kebutuhan listrik rumahtangga seperti mengisi pulsa telepon.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mau tidak mau Anda harus beradaptasi dari sisi gaya hidup supaya biaya konsumsi listrik Anda tidak terlalu drastis pembengkakannya.

Berikut beberapa trik penghematan listrik prabayar yang bisa Anda terapkan:

1.    Matikan lampu bila sudah tidak digunakan

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.