Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Bulan Madu" Pemerintahan Trump Berakhir, Wall Street Ditutup Melemah

Kompas.com - 31/01/2017, 08:20 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebagian besar indeks di bursa AS ditutup melemah di penutupan perdagangan awa pekan, Senin atau Selasa dini hari (31/1/2017).

Melemahnya saham-saham di bursa AS dipicu oleh kekhawatiran investor terhadap dampak pembatasan imigran yang dilakukan oleh Trump. Kebijakan tersebut disebut tidak ramah terhadap pasar.

Hal ini mengakhiri sentimen positif terhadap pemerintahan Trump, yang sebelumnya mampu mendorong Wall Street bergerak positif.

Indeks Dow Jones Industrial ditutup turun 122,65 poin atau 0,61 persen di posisi 19,971.13. Sementara itu indeks S&P 500 kehilangan 13,79 poin atau 0,60 persen menjadi 2.280,9 dan indeks Nasdaq Composite turun 47,07 poin atau 0,83 persen ke level 5.613.71.

"Investor fokus pada kebijakan pro-growth  Trump dan bukan pada yang merugikan aktivitas ekonomi seperti protektsionisme," ujar Peter Cardillo, chief market economist pada First Standard Financial, New York.

Saham-saham sektor technology, sektor yang secara terbuka menyatakan keberatan terhadap kebijakan imigrasi Trump, menjadi pembeban paling besar terhadap indeks S&P 500.

Penurunan yang terjadi pada awal pekan ini merupakan yang terbesar bagi indeks Dow sejak October,sedangkan indeks S&P dan Nasdaq mencatatkan pelemahan paling dalam sejak December.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com