Awal 2017, Nilai Tukar Petani Turun, Nelayan Naik

Kompas.com - 01/02/2017, 14:45 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Nilai Tukar Petani (NTP) nasional pada Januari 2017 sebesar 100,91 atau turun 0,56 persen dibandingkan data pada Desember 2016.

Penurunan NTP itu disebabkan indeks harga yang diterima petani hanya naik 0,15 persen namun indeks harga yang harus dibayar petani naik lebih tinggi yaitu 0,71 persen.

"Ini rasio dari indeks yang diterima petani dibagi indeks yang dibayar petani," ujar Kepala BPS Suharyanto di Kantor BPS, Jakarta, Rabu (1/2/2017).

Sementara itu Nilai Tukar Nelayan (NTN) justru mengalami kenaikan tikus menjadi 109,85, atau naik 0,25 persen dari data Seember 2016.

Kenaikan NTN didorong oleh naiknya indeks harga yang diterima nelayan sebesar 0,86 persen lantaran naiknya harga sebagian jenis ikan khusunya komoditas ikan tenggiri dan ikan cakalang.

Sementara itu indeks harga yang dibeli oleh nelayan juga mengalami kenaikan mencapai 0,78 persen. Namun angka itu lebih rendah dari indeks harga yang diterima nelayan sehingga NTN tetap tumbuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.