Sepanjang 2016, Serapan Biodiesel Meningkat berkat Program B15 dan B20

Kompas.com - 02/02/2017, 14:32 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) mencatat program pemerintah, yakni B15 dan B20 mampu mendorong kenaikan serapan biodiesel dalam negeri.

Melalui program tersebut, pemerintah mewajibkan bahan bakar minyak jenis solar dicampur dengan minyak kelapa sawit sebesar 20 persen. Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Bayu Krisnamurthi mengatakan, dengan kebijakan itu, serapan kelapa sawit mengalami peningkatan pada 2016 berkat program yang dijalankan sejak 2015.

"Serapan biodiesel dalam negeri meningkat. Program B15 pada 2015, B20 pada 2016 membuat serapan biodiesel dalam negeri mencapai 2,7 juta kiloliter," ujar Bayu di Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Mantan Wakil Menteri Perdagangan ini juga mengatakan, selain industri sawit yang memberikan peranan terhadap penyerapan biodiesel, industri sawit nasional pun mampu memberikan pengaruh pada penetapan harga crude palm oil (CPO) atau minyak mentah negara-negara tetangga.

Penetapan harga tersebut ditandai dengan adanya tiga peristiwa yang membuat kepemimpinan sawit pada 2016 terus meningkat. Peristiwa itu terjadi ketika konferensi sawit di Kuala Lumpur, Bali, dan Pakistan digelar.

Dalam pertemuan tersebut semua negara sepakat mengatakan, kenaikan sawit karena adanya kebijakan oleh Indonesia. Pada periode itu harga CPO dari 530 dollar Amerika Serikat (AS) menjadi 790 dollar AS atau naik 47 persen.

"Kenaikan harga ini membuat harga TBS (Tandan Buah Segar) petani meningkat 120 persen dari harga Rp 850 menjadi Rp 1.850 per kg," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.