Kompas.com - 02/02/2017, 19:35 WIB
Facebook sudah mengumumkan siaran langsungnya akan diperlakukan sama dengan konten-konten lainnya.
ReutersFacebook sudah mengumumkan siaran langsungnya akan diperlakukan sama dengan konten-konten lainnya.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com – Raksasa media sosial Facebook Inc mencatatkan laba pada kuartal yang berakhir pada penghujung tahun 2016 sebesar 3,57 miliar dollar AS atau sekitar Rp 47,5 triliun (kurs Rp 13.300 per dollar AS).

Capaian ini jauh lebih besar dibandingkan 1,56 miliar dollar AS pada periode yang sama tahun sebelumnya. Kinerja keuangan Facebook dipandang oleh banyak analis tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan pertumbuhan. Selain itu, hasil tersebut juga lebih tinggi dibandingkan ekspektasi analis.

Mengutip Reuters, Kamis (2/2/2017), saham Facbook menguat sekitar 0,2 persen pada perdagangan di bursa saham waktu setempat. Meskipun demikian, Facebook pada November 2016 lalu pernah memperingatkan adanya kemungkinan penurunan pertumbuhan pendapatan iklan karena pembatasan pada iklan di laman.

Meskipun demikian, nyatanya tak terlihat adanya penurunan yang dimaksud. Pasalnya, pendapatan total yang diraup Facebook tercatat sebesar 8,81 miliar dollar AS pada kuartal IV 2016. Angka ini naik signifikan dibandingkan 5,84 miliar dollar AS pada periode yang sama tahun sebelumnya.

“Saya rasa tingkat pertumbuhan (Facebook) akan sedikit menurun, namun tetap saja sangat tinggi. (Facebook) tumbuh 57 persen pada 2016, dan berdasarkan model kami, pertumbuhan pendapatan akan mencapai 38 persen pada 2017, tetap saja sangat mengesankan,” ujar Michael Pachter, analis dari Wedbush Securities.

Kekuatan Facebook dalam industri iklan mobile kian meningkat. Pada tahun 2016, Facebook meraup 84 persen pendapatan iklan, dibandingkan 80 persen pada tahun 2015.

Dalam telekonferensi dengan para analis, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyatakan perseroan bakal melakukan penurunan rekrutmen dan komponen belanja lainnya pada tahun 2017. Hal ini sejalan dengan investasi Facebook pada video dan prioritas lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.