HUT Ke-1, Asosiasi Digital Enterpreneur Indonesia Torehkan Sejumlah Prestasi

Kompas.com - 02/02/2017, 20:45 WIB
HUT ke-1 ADEI di Jakarta, Rabu (1/2/2017) Dok. ADEIHUT ke-1 ADEI di Jakarta, Rabu (1/2/2017)
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Digital Entrepreneur Indonesia (ADEI) merayakan hari jadi pertamanya pada 1 Februari 2017 lalu. Walaupun masih berusia belia, namun asosiasi ini sudah menorehkan sejumlah prestasi dalam hal pengembangan ekonomi digital nasional.

ADEI sendiri merupakan asosiasi yang bertujuan untuk mendorong perekonomian digital nasional. Anggotanya adalah para wirausahawan digital.

Prestasi pertama yakni ADEI mendapatkan kepercayaan dari Kantor Staf Presiden untuk memberikan rekomendasi program RPJMN Pemerintahan Jokowi 2017-2019 untuk sektor-sektor strategis terutama ekonomi digital.

ADEI sendiri dipanggil pada 8 Desember 2016 lalu. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum ADEI Bari Arijono menyampaikan dalam presentasinya bahwa Indonesia memiliki peluang besar untuk bertumbuh melalui aneka sektor dan bisnis yang terintegrasi dengan digital.

Bari membawa serta Managing Director PayTren, Hari Prabowo, yang membawahi produk PayTren TV. PayTren TV sendiri adalah contoh produk televisi berbasis kewirausahaan yang diminati oleh masyarakat. Produk ini juga menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia cepat merespons segala bentuk digitalisasi dalam sektor apapun.

Prestasi berikutnya adalah pembentukan DPD ADEI Kepulauan Riau. DPP baru ini diproyeksikan menjadi role model untuk rencana pembentukan enam DPP lainnya yang meliputi wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Kalimantan Selatan  & Makassar.

"Ini  merupakan wujud nyata ADEI membangun ekonomi digital di daerah-daerah di seluruh Indonesia," ujar Bari melalui rilis, Kamis (2/2/2017).

ADEI berharap dengan pembentukan DPP Kepulauan Riau, agar pengurus, anggota dan masyarakat membangun cara pandang baru terhadap tantangan digitalisasi. Dengan demikian, masyarakat dapat mengubah cara berbisnis dari model konvensional menjadi model online.

Prestasi lainnya yakni platform kerja ADEI yang menitiberatkan perhatiannya kepada pelaku usaha UMKM. ADEI akan fokus memberikan edukasi ke UMKM sehingga sektor ini mampu menyumbangkan pertumbuhan ekonomi nasional hingga 7 persen.

"Kita mampu bersama menjaga komunitas ADEI penuh dengan informasi yang bermanfaat, edukasi digital yang berkualitas serta jauh dari unsur politik & SARA, serta memberikan inspirasi banyak pihak agar lebih intens melakukan kerja sama atau korporasi satu sama lain yang saling menguntungkan," lanjut Bari.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.