Tanri Abeng Ungkap Alasan Utama Pencopotan Dua Pucuk Pimpinan Pertamina

Kompas.com - 03/02/2017, 15:28 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisaris Utama PT Pertamina Tanri Abeng bicara sebab utama pencopotan Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama dan Ahmad Bambang sebagai Wakil Direktur Utama.

Ia mengungkapkan, ada persoalan kepemimpinan di internal Pertamina, terutama antara Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang yang berimbas pada pengambilan kebijakan perusahaan.

"Tidak terjadi kecocokan, makanya kami bilang ada teamwork yang tidak berjalan dengan baik," ujar Tanri di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Sebenarnya, jabatan wakil direktur utama Pertamina merupakan jabatan baru di tubuh perusahaan migas nasional itu.

Pada Oktober 2016 lalu, Menteri BUMN Rini Soemarno menambah dua jabatan baru di PT Pertamina (Persero), yaitu wakil direktur utama serta direktur megaproyek pengolahan dan petrokimia.

Menurut Tanri, tujuan awal adanya jabatan wakil direktur utama agar ada pembagian tanggung jawab antara sektor hulu dan hilir. Namun, kenyataannya tidak seperti yang diharapkan.

"Sesudah strukturnya disepakati, kami (harus) cari orang yang memang bisa bersinergi," kata mantan Menteri BUMN itu.

Pernyataan Tanri Abeng dikuatkan oleh Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi, dan Jasa Lain Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Tri Hargo.

"Masalah kerja sama dan kekompakan perlu dijaga, jadi kalau misalnya menajemen enggak berani mengambil keputusan, banyak yang tertunda, maka proyek itu akan tertinggal," kata Gatot.

"Jadi, masalah kecepatan mengambil keputusan itu akan menentukan Pertamina ke depan," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.