Pencopotan Pejabat Pertamina Tak Terkait Kasus

Kompas.com - 03/02/2017, 16:49 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang secara resmi dicopot dari jabatannya sebagai Direktur Utama dan Wakil Direktur Utama PT Pertamina Persero sejak Jumat (3/2/2017).

Namun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membantah, pencopotan dua pucuk pimpinan PT Pertamina Persero terkait dengan kasus dugaan korupsi yang sedang ditangani Kejaksaan Agung (Kejagung). "Enggak ada hubungan sama sekali," kata Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi, dan Jasa Lain Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Gatot Tri Hargo.

Saat ini, Kejagung sedang mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan kapal anchor handling tug supply (AHTS) atau kapal untuk mendukung kegiatan lepas pantai Pertamina.

Gatot mengatakan, pencopotan dua pucuk pimpinan Pertamina terkait persolan kepemimpinan. Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang dinilai tidak mampu bekerja sama sehingga banyak keputusannya perusahaan tertunda.

"Kan masalah kerja sama dan kekompakan perlu dijaga, jadi kalau misalnya menejemen enggak berani mengambil keputusan banyak yang tertunda, maka proyek itu akan tertinggal," kata Gatot.

Setelah mencopot Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang, Kementerian BUMN menunjuk Yenni Andayani sebagai Pelaksana Tugas Direktur Utama Pertamina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.