Berlokasi di Samping Trump Tower, Penjualan Peritel Perhiasan Ini Anjlok

Kompas.com - 06/02/2017, 10:43 WIB
Trump Tower Trump Tower
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.com - CEO peritel perhiasan Tiffany, Frederic Cumenal, memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya. Untuk sementara ini, posisi Cumenal digantikan oleh anggota direksi sekaligus mantan CEO Michael Kowalski.

Dalam pernyataan resminya seperti dilansir CNN Money, Senin (6/2/2017), Kowalski menyatakan, Tiffany telah terdampak kinerja keuangan yang mengecewakan baru-baru ini.

Pengunduran diri Cumenal terjadi beberapa pekan setelah Tiffany melaporkan penjualan di tokonya yang berlokasi di Fifth Avenue New York anjlok 14 persen selama periode liburan akhir tahun.

Anjloknya penjualan tersebut tenyata salah satunya disebabkan gangguan lalu lintas pasca-pemilihan umum di AS.

Toko Tiffany di Fifth Avenue berlokasi di samping Trump Tower yang merupakan kediaman Presiden AS Donald Trump dan keluarganya. Meskipun Trump sudah pindah ke Gedung Putih setelah pelantikannya pada Januari 2017 lalu, tetapi istri dan putranya, Melania dan Barron Trump, tetap tinggal di New York.

Konsekuensinya, pengamanan di Trump Tower pun diperketat setelah pilpres. Disrupsi di lokasi toko di Fifth Avenue tersebut menjadi masalah tersendiri bagi Tiffany. Bagaimana tidak, toko di lokasi bergengsi tersebut menyumbang 10 persen dari keseluruhan penjualan Tiffany.

Pada periode liburan akhir tahun 2016 lalu, total penjualan Tiffany hanya naik tipis dibandingkan tahun 2015.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kuatnya permintaan dari Jepang dan China tidak cukup untuk menangkal pelemahan penjualan di AS dan Eropa.

Bulan lalu, Cumenal menyatakan, dirinya tidak mengharapkan ada perbaikan signifikan pada tahun 2017, mengingat beragam tantangan ekonomi yang dihadapi perusahaan. Tiffany akan mengumumkan laporan kinerja keuangan tahun 2016 pada 17 Maret 2017 mendatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.