Dukung Ekspor, Sri Mulyani Minta Investor Tetap Percaya pada LPEI

Kompas.com - 07/02/2017, 13:35 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (tengah) dan para panelis dalam Investor Gathering 2017 LPEI, Jakarta, Selasa (7/2/2017). Estu Suryowati/KOMPAS.comMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (tengah) dan para panelis dalam Investor Gathering 2017 LPEI, Jakarta, Selasa (7/2/2017).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta para investor tetap percaya pada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Menurut wanita yang akrab disapa Ani itu, kepercayaan dari para investorlah yang akhirnya mampu mendorong kinerja ekspor Indonesia.

LPEI atau Eximbank Indonesia adalah lembaga yang didirikan pada 2009 untuk mendukung kinerja ekspor. 

Selain itu, Ani juga berharap agar Eximbank Indonesia memiliki tata kelola yang baik untuk menjaga kepercayaan investor yang ada.

"Investor LPEI, bonds holder, saya harap menjaga percaya pada lembaga ini. Sehingga bisa mendorong ekspor Indonesia ke pasar baru," kata Ani dalam Investor Gathering LPEI di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Untuk mendukung kinerjanya, pada tahun ini LPEI akan menerbitkan surat utang (bonds) sebesar Rp 14 triliun dan dalam valuta asing sebesar ekuivalen 500 juta dollar AS.

Dengan demikian, Ani berharap LPEI bisa terus melakukan penetrasi pembiayaan utamanya ke industri kecil dan menengah.

Dia menambahkan, saat ini pelaku ekonomi lebih terdiversifikasi, begitu juga dengan pasarnya. Alhasil, daya tahan ekonomi Indonesia menjadi lebih kuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dengan begitu, perekonomian mampu menghadapi tekanan dari eksternal dan internal," kata Ani.

Ani menilai LPEI sebagai lembaga yang unik karena tidak berada di bawah perbankan maupun lembaga keuangan lainnya. Di samping unik, Ani menegaskan, LPEI dituntut untuk memiliki tata kelola yang lebih tinggi.

Sebagaimana diketahui, LPEI didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia.

"LPEI adalah lembaga yang diciptakan pemerintah untuk misi khusus, maka dia harus bisa ditiru yang baik," ucap Ani.

Kompas TV Ekspor Manufaktur Naik, Indonesia Surplus
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.