KEIN Kembangkan Peta Jalan Pariwisata Nasional Mulai dari Jakarta

Kompas.com - 07/02/2017, 15:21 WIB
Taman Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta, Kamis (10/3/2016). Kota tua masih menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan domestik dan mancanegara. KOMPAS/LUCKY PRANSISKATaman Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta, Kamis (10/3/2016). Kota tua masih menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan domestik dan mancanegara.
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Ekonomi Dan Industri Nasional (KEIN) membentuk kelompok kerja (Pokja) untuk menyusun Roadmap Pariwisata Nasional 2045. Hal itu untuk menanggapi keseriusan pemerintah dalam menggenjot sektor pariwisata di 2017.

Dony Oskaria, Ketua Pokja Pariwisata KEIN, mengatakan sektor pariwisata Indonesia sangat strategis sebagai penggenjot pertumbuhan ekonomi nasional. Dia menilai Indonesia memiliki potensi yang sangat besar.

"Pariwisata ini sektor yang sangat strategis. Sektor Ini paling tahan banting, tahan terhadap krisis. Bahkan, ketika mata uang kita melemah, turis mancanegara malah mau berbondong-bondong untuk datang, menghabiskan uang mereka di sini," terang Dony melalui rilis, Selasa (7/2/2017)

Dony yang juga menjabat sebagai Komisaris Garuda Indonesia ini juga mengapresiasi besarnya perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap kemajuan pariwisata Indonesia.

"Presiden tidak main-main untuk memperkuat pariwisata kita. Beliau sadar betul banyak manfaat yang akan diterima langsung oleh masyarakat. Makanya, Kami juga serius untuk mengerjakan roadmap ini sebagai penerjemahan dari gagasan dan harapan Pak Jokowi," tambah Dony.

Dalam  rapat Kordinasi Percepatan pariwisata Jakarta di Gedung Menko Perekonomian, Selasa, KEIN mengundang Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Seribu, dan beberapa asosiasi pengusaha dalam bidang pariwisata.

Dalam kesempatan tersebut, KEIN melalui diskusi dengan sejumlah stakeholder pariwisata lain sepakat untuk mengangkat Jakarta sebagai fokus pariwisata di 2017.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Gerbang Indonesia ada di Jakarta. Kita belajar dari Prancis yang bisa buat Ibu Kotanya sebagai ikon yang dikenal dunia. Di Jakarta, semuanya paling gampang, ada semuanya di sini. Untuk itu, kami undang Pemprov DKI, agar kordinasi antarstakeholder semakin diperkuat," tutup Dony.

Kompas TV Infrastruktur Yang Baik Meningkatkan Kunjungan Wisatawan
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.