Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEIN Kembangkan Peta Jalan Pariwisata Nasional Mulai dari Jakarta

Kompas.com - 07/02/2017, 15:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Komite Ekonomi Dan Industri Nasional (KEIN) membentuk kelompok kerja (Pokja) untuk menyusun Roadmap Pariwisata Nasional 2045. Hal itu untuk menanggapi keseriusan pemerintah dalam menggenjot sektor pariwisata di 2017.

Dony Oskaria, Ketua Pokja Pariwisata KEIN, mengatakan sektor pariwisata Indonesia sangat strategis sebagai penggenjot pertumbuhan ekonomi nasional. Dia menilai Indonesia memiliki potensi yang sangat besar.

"Pariwisata ini sektor yang sangat strategis. Sektor Ini paling tahan banting, tahan terhadap krisis. Bahkan, ketika mata uang kita melemah, turis mancanegara malah mau berbondong-bondong untuk datang, menghabiskan uang mereka di sini," terang Dony melalui rilis, Selasa (7/2/2017)

Dony yang juga menjabat sebagai Komisaris Garuda Indonesia ini juga mengapresiasi besarnya perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap kemajuan pariwisata Indonesia.

"Presiden tidak main-main untuk memperkuat pariwisata kita. Beliau sadar betul banyak manfaat yang akan diterima langsung oleh masyarakat. Makanya, Kami juga serius untuk mengerjakan roadmap ini sebagai penerjemahan dari gagasan dan harapan Pak Jokowi," tambah Dony.

Dalam  rapat Kordinasi Percepatan pariwisata Jakarta di Gedung Menko Perekonomian, Selasa, KEIN mengundang Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Seribu, dan beberapa asosiasi pengusaha dalam bidang pariwisata.

Dalam kesempatan tersebut, KEIN melalui diskusi dengan sejumlah stakeholder pariwisata lain sepakat untuk mengangkat Jakarta sebagai fokus pariwisata di 2017.

"Gerbang Indonesia ada di Jakarta. Kita belajar dari Prancis yang bisa buat Ibu Kotanya sebagai ikon yang dikenal dunia. Di Jakarta, semuanya paling gampang, ada semuanya di sini. Untuk itu, kami undang Pemprov DKI, agar kordinasi antarstakeholder semakin diperkuat," tutup Dony.

Kompas TV Infrastruktur Yang Baik Meningkatkan Kunjungan Wisatawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com