Kembangkan Benih Unggul, Kementan Libatkan BUMN Pertani

Kompas.com - 08/02/2017, 16:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian (Balitbangtan) bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyalur benih PT Pertani (Persero).

Adapun kerja sama tersebut dilakukan untuk pengembangan benih komoditas pangan seperti, padi, jagung, kedelai, dan tebu.

Kepala Balitbangtan Muhammad Syakir mengatakan, salah satu strategi dalam peningkatan produksi berbagai komoditas tanaman pangan dan perkebunan adalah penyediaan benih bermutu yang memadai.

"Balitbangtan, Kementerian Pertanian sesuai dengan tugas dan fungsinya bersama dengan mitra kerja sama terus berupaya menghasilkan benih varietas unggul dan menyebarluaskan agar dapat dikembangkan secara masif oleh petani," ujar Syakir di Kantor Balitbangtan, Pasar Minggu, Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Syakir mengungkapkan, program kerja sama digulirkan karena kendala yang dihadapi adalah masih minimnya hasil penelitian dari Balitbangtan yang tidak terdistribusi dengan baik kepada petani maupun pelaku industri.

Salah satu benih unggul yang tengah dikembangkan oleh Balitbangtan bersama Pertani adalah komoditas tebu dengan angka produtivitas mencapai 150 ton per hektar dengan tingkat rendemen tebu 12 persen.

Hal tersebut diupayakan agar mendorong produksi gula dalam negeri disaat keterbatasan lahan pertanian menjadi hambatan.

"Satu-satunya cara peningkatan produksi dengan keterbatasan lahan saat ini, tidak ada jalan pintas lain kecuali varietas baru dengan rendemen dan produksi tinggi," papar Syarkir.

Sementara dari sisi Pertani akan melakukan distribusi hasil penelitian maupun inovasi (benih) yang dilakukan Balitbangtan kepada petani dan pelaku industri.

"Balitbang harus lebih agresif, bukan hanya menghasilkan, tapi juga agresif menyalurkan hasil inovasi teknologinya," tambah Syakir.

Halaman:



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.