Sri Mulyani Serahkan 107 Nama Calon Dewan Komisioner OJK ke KPK

Kompas.com - 08/02/2017, 22:45 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani akan menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam proses seleksi Calon Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebanyak 107 nama yang lolos seleksi tahap pertama calon Dewan Komisioner OJK Periode 2017-2022 akan diserahkan kepada KPK. "Kami besok akan pergi ke KPK, untuk menyerahkan 107 nama tersebut," ujar perempuan merangkap sebagai Ketua Pansel Dewan Komisioner OJK di Jakarta, Rabu (8/2/2017).

Pelibatan KPK bukan tanpa alasan. Pansel Dewan Komisioner OJK ingin memastikan 107 nama yang lolos seleksi tidak memiliki rekam jejak terkait kasus korupsi. Oleh karena itu, informasi dari KPK begitu berharga bagi Pansel.

Selain KPK, Sri Mulyani juga berencana akan menggandeng Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Ia berharap PPATK mampu memberikan masukan kepada Pansel.

"Kami juga akan memanfatkan lembaga lainnnya yang memiliki rekam jejak dari berbagai nama yang lolos itu," perempuan yang kerap disapa Ani itu.

Pada tahap kedua, seleksi calon Dewan Komisioner OJK akan fokus kepada rekam jejak dan makalah. Masyakarat pun dilibatkan untuk memberikan informasi kepada Pensel terkait 107 nama yang lolos seleksi tahap pertama. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.