Kembangkan Pelabuhan, Pelindo IV Gandeng Perusahaan Belgia

Kompas.com - 10/02/2017, 11:00 WIB
Kompas TV Menhub Akan Merombak Tata Kelola Pelabuhan
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV menggandeng perusahaan asal Belgia yakni Ghent Port Company untuk pengembangan pelabuhan dan kerja sama perdagangan di wilayah Indonesia bagian timur.

Direktur Utama Pelindo IV, Doso Agung mengatakan, kerja sama yang berlaku selama satu tahun ini akan menyusun rencana kerja sama untuk menciptakan sinergi bisnis.

"Kami akan saling bertukar perkembangan dan peluang bisnis ekonomi serta strategis yang relevan bagi kedua perusahaan," kata Doso dalam keterangan tertulisnya, Jumat (10/2/2017).

Menurut Doso Agung, kedua pihak akan bekerja sama untuk mengembangkan pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo IV.

Selain itu, keduanya juga akan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di pelabuhan dan kemungkinan melakukan kerja sama perdagangan, terutama perdagangan mengenai hasil pertanian dalam bentuk curah seperti minyak kelapa maupun kayu.

Selain itu, Pelindo IV juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan Pemerintah Provinsi Maluku. Kerja sama keduanya terkait pembangunan Pelabuhan Petikemas dan Perikanan Terpadu Waai-Tulehu di Provinsi Maluku dan  ekspor langsung dari Pelabuhan Ambon.

"Khususnya untuk mendukung kelancaran distribusi logistik atau barang kebutuhan masyarakat. Selain itu, optimalisasi pemanfaatan aset yang dimiliki Pelindo IV dan Pemprov Maluku," terangnya.

Nota kesepahaman ini juga bertujuan untuk menyusun rencana kerja, melakukan studi bersama berkaitan dengan penanganan logistik dan kelancaran distribusi barang dari dan ke Provinsi Maluku dan sekitarnya.

"Kami tengah melakukan inventarisasi terkait potensi kargo yang dapat dikonsolidasikan untuk angkutan langsung dari Pelabuhan Ambon ke luar negeri atau direct export," pungkas Doso Agung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.