Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Darmin Minta Pendelegasian Kewenangan kepada KEK Mandalika Dipercepat

Kompas.com - 11/02/2017, 14:00 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

MANDALIKA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution meminta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat mendelegasikan berbagai kewenangan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika kepada administrator KEK.

"Tolong didelegasikan kewenangan segera," ujar Darmin saat memberikan arahan di Mandalika, Sabtu (11/2/2017).

Menurut ia, pendelegasian kewenangan kepada administrator KEK sangat penting untuk mempercepat pembangunan KEK. Sebab semua perizinan nantinya akan diurus satu pintu.

Di tingkat nasional, perizinan KEK persis layaknya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Semua perizinan investasi didelegasikan kepada satu lembaga yaitu Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Pendelegasian supaya semua perizinan bisa cepat," kata Darmin. Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat Muhammad Amin menuturkan, pihaknya sudah berkomitmen untuk mendelegasikan semua kewenangan perizinan KEK kepada administrator KEK.

Hingga saat ini, sudah ada 68 perizinan yang sudah diserahkan. Diharapkan pendelegasian kewenangan itu mampu mempercepat pembangunan KEK Mandalika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com