Ketahui Mengapa Harga Premi Asuransi Jiwa Anda Mahal atau Murah

Kompas.com - 12/02/2017, 20:00 WIB
Ilustrasi asuransi. ThinkstockIlustrasi asuransi.
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki asuransi jiwa adalah hal yang sangat disarankan oleh para perencana keuangan kepada kalangan yang menjadi pencari nafkah dan memiliki tanggungan jiwa. Membeli asuransi jiwa menjadi sebuah langkah manajemen risiko finansial keluarga.

Ketika kelak si pencari nafkah meninggal dunia, maka uang pertanggungan bisa cair dan digunakan oleh para ahli waris untuk melanjutkan kehidupan mereka. Baik untuk biaya hidup sehari-hari maupun untuk biaya sekolah tanggungan.

Asuransi jiwa atau termlife juga terbilang cukup murah sebagai pilihan manajemen risiko seseorang. Di pasar saat ini masih tersedia produk asuransi jiwa murni alias termlife dengan biaya premi di bawah Rp 5 juta per tahun dan uang pertanggungan di atas Rp 1 miliar.

Bila saat ini Anda sudah memiliki tanggungan akan tetapi belum memiliki asuransi jiwa, ada baiknya Anda mulai menimbang membeli produk tersebut untuk manajemen risiko finansial.

Pasalnya, semakin Anda bertambah umur, kemungkinan besar harga atau premi asuransi jiwa yang harus Anda bayar bakal lebih mahal. Berikut ini beberapa faktor yang menentukan tingkat harga premi asuransi jiwa:

1.    Usia tertanggung

Usia tertanggung sangat menentukan harga premi asuransi jiwa. Ini berkaitan dengan statistik usia kematian. Semua perusahaan asuransi mengantongi statistik tentang usia harapan hidup yang menjadi dasar mereka menentukan besar premi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semakin muda usia tertanggung ketika meneken kontrak asuransi jiwa, kemungkinan besar premi yang harus dibayarkan juga lebih murah.

Seseorang dengan usia di atas 40 tahun kemungkinan harus membayar premi asuransi jiwa lebih mahal dibanding seorang tertanggung berusia 30 tahun.

Bahkan beberapa perusahaan asuransi tidak mewajibkan pemeriksaan medis kepada calon tertanggung bila usia ketika membeli polis asuransi, masih di bawah 30 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.