Kompas.com - 13/02/2017, 06:47 WIB
Ilustrasi BloombergIlustrasi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski data ekonomi Inggris kinclong, namun poundsterling gagal mengungguli posisi dollar AS.

Mengutip Bloomberg, pada penutupan perdagangan Jumat (10/2/2017), nilai tukar pounsterling terhadap dollar AS justru terkoreksi 0,05 persen ke level 1,2491 poundsterling per dollar AS.

Cahyo Dewanto, analis PT Asia Tradepoin Futures mengatakan, posisi GBP memang cukup rawan menjelang keterangan pers yang akan disampaikan pejabat The Fed Stanley Fischer.

Usai Presiden Trump mengumumkan rencana menurunkan pajak demi memacu pertumbuhan ekonomi AS, peluang terjadinya inflasi pun semakin tinggi. Bisa jadi hal ini semakin mendorong The Fed untuk meningkatkan suku bunga acuannya.

“Penyataan FOMC akan berdampak positif untuk USD,” ujarnya.

Sejatinya, sebelum akhirnya ditutup melemah, nilai tukar poundsterling terhadap dollar AS sempat naik setelah Inggris merilis hasil neraca perdagangan dan produksi manufaktur yang membaik. Pada pukul 23.45 WIB, pasangan kedua mata uang itu melambung hingga level 1,2500.

Poundsterling sempat diuntungkan dari beberapa data ekonomi yang positif. Biro stastistik nasional Inggris melaporkan bahwa produksi manufaktur naik ke level 2,1 persen di bulan Desember, melampaui ekspektasi yang diperkirakan hanya 0,5 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Neraca perdagangan Inggris juga menyempit menjadi 10,89 miliar poundsterling per Desember dari bulan sebelumnya defisit 12,16 miliar poundsterling.

Namun, sentimen pendukung dollar AS masih lebih berpengaruh ketimbang data ekonomi Inggris. (RR Putri Werdiningsih)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber KONTAN
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.