Kompas.com - 13/02/2017, 12:50 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah pada pekan sebelumnya kita mengenal pengertian, kekurangan dan kelebihan dari reksa dana yang dapat diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau exchange traded fund (ETF). 

Pada ulasan berikut ini, akan dijelaskan mengenai beberapa jenis ETF yang ada di Indonesia. 

Diah Sofiyanti, Presiden Direktur PT Indo Premier Investment Management memaparkan bahwa secara garis besar, ETF dibagi ke dalam dua jenis. Pertama, ETF berbasis saham. Kedua, ETF berbasis obligasi.

(Baca: Mengenal Reksa Dana ETF (Bagian 1))

ETF Saham

ETF berbasis saham terdiri dari dua jenis yakni ETF aktif dan ETF pasif.

ETF aktif merupakan ETF yang dikelola secara aktif oleh manager investasi berdasarkan kriteria dan pemilihan efek yang ditentukan oleh manager investasi. Dengan begitu, kinerja ETF aktif ini sangat bergantung pada manager investasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu ETF pasif adalah ETF yang dikelola secara pasif dengan pemilihan efek yang mengacu pada suatu indeks tertentu. Dengan begitu kinerja ETF pasif adalah cerminan dari kinerja Indeks yang menjadi acuannya.

ETF Obligasi

Produk ini merupakan ETF aktif yang bertujuan untuk memberikan tingkat pertumbuhan yang optimal atas nilai investasi pada Surat Berharga Negara (SBN).

Saat ini baru ada satu ETF berbasis obligasi yang ditawarkan Indo Premier, yakni Premier ETF Sovereign Bond Fund atau ETF INDOSOB (ticker: XISB).

Kompas TV Kapan Waktu Yang Tepat Berinvestasi Reksa Dana?
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.