Harga Minyak Dunia Turun Tajam, Laba Bersih Elnusa 2016 Tergerus 17,17 Persen

Kompas.com - 14/02/2017, 16:59 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepanjang 2016 harga minyak dunia mengalami fluktuasi yang cukup tajam, bahkan sempat menyentuh level terendah yaitu 28 juta dollar Amerika Serikat (AS) per barel pada Januari dan bergerak terbatas di bawah level 50 juta dollar AS per barel sepanjang tahun.

Kondisi tersebut mempengaruhi aktivitas migas baik dari sisi eksplorasi maupun produksi serta pengembangan lapangan migas. PT Elnusa Tbk (ELSA), sebagai salah satu pemain utama jasa migas turut terkena dampaknya.

Berdasarkan laporan keuangan per Desember 2016 yang dipublikasikan Selasa (14/2/2017), perseroan mencatatkan laba bersih sebesar Rp 310,91 miliar. Pencapaian tersebut turun sebesar 17,17 persen bila dibandingkan dengan pencapaian laba bersih 2015 sebesar Rp 375,36 miliar.

Penurunan laba bersih tersebut seiring dengan penurunan pendapatan perseroan. Tercatat, pendapatan perseroan sepanjang 2016 sebesar Rp 3,62 triliun, turun 3,98 persen dibandingkan dengan pendapatan di 2015 yang senilai Rp 3,77 triliun.

"Pendapatan Elnusa konsolidasi 2016 merupakan kontribusi dari jasa hulu migas sebesar 50 persen, jasa logistik dan distribusi energi sebesar 45 persen dan sisanya merupakan kontribusi dari jasa penunjang lainnya," ujar Direktur Keuangan Elnusa, Budi Rahardjo dalam keterbukaan informasi, Selasa (14/2/2017).

Selain itu, beban pokok pendapatan tercatat menurun dari Rp 3,06 triliun menjadi Rp 3 triliun di 2016.

Per Desember 2016, aset perseroan tercatat Rp 4,19 trilin atau lebih rendah dari 2015 yang senilai Rp 4,41 triliun. Sementara itu, total liabilitas tercatat Rp 1,31 triliun dan ekuitas Rp 2,88 triliun.

Ruang lingkup kegiatan ELSA adalah bergerak dalam bidang jasa, perdagangan, pertambangan, pembangunan, dan perindustrian.

Kegiatan usaha utama ELSA dan anak usahanya adalah beroperasi di bidang jasa hulu migas dan penyertaan saham pada entitas anak serta entitas ventura bersama yang bergerak dalam berbagai bidang usaha, yaitu jasa dan perdagangan penunjang hulu migas, jasa dan perdagangan hilir migas, jasa pengolahan dan penyimpanan data migas, pengelolaan aset lapangan migas dan jasa telekomunikasi.

Elnusa juga beroperasi di bidang penyediaan barang dan jasa termasuk penyediaan dan pengelolaan ruang perkantoran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.