BEI Targetkan Gaet 100 Investor Ritel Per Galeri Tahun Ini

Kompas.com - 14/02/2017, 17:40 WIB
Direktur Pengembangan, Bursa Efek Indonesia, Nicky Hogan di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten, Selasa (14/2/2017). Estu Suryowati/Kompas.comDirektur Pengembangan, Bursa Efek Indonesia, Nicky Hogan di Universitas Multimedia Nusantara, Tangerang, Banten, Selasa (14/2/2017).
|
EditorM Fajar Marta

TANGERANG, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan membuka 60 galeri investasi pada tahun ini. Jika rencana ini terealisasi, maka hingga akhir tahun ini akan ada 300 galeri investasi di seluruh Indonesia.

Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan mengatakan, targetnya, satu galeri investasi dapat memberikan tambahan investor ritel saham 100 orang. Sehingga, jika 300 galeri investasi dibuka dan target tersebut tercapai, maka akan ada tambahan investor ritel saham sebanyak 30.000 orang, dari galeri investasi.

Nicky menuturkan, BEI sendiri menargetkan tambahan investor ritel saham sebanyak 110.000 orang tahun ini. Artinya, sebanyak 80.000 investor baru akan diperoleh melalui saluran lain.

"Tambahan investor ritel saham tahun ini targetnya 110.000 orang. Jadi, dibandingkan tahun lalu naiknya 20 persen," kata Nicky di Tangerang, Banten, Selasa (14/2/2017).

Saat ini jumlah investor ritel saham ada sebanyak 540.000 orang. Sementara itu, jumlah investor ritel reksa dana sebanyak 350.000 orang.

Nicky menjelaskan, galeri investasi ini memang merupakan program yang dilakukan dengan menggandeng perguruan tinggi untuk menyasar calon investor dari kalangan anak muda.

Saat ini, sebanyak 80 persen investor ritel atau sekitar 712.000 orang adalah investor dalam rentang usia 20 tahun hingga 40 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di galeri investasi ini kami ada perjanjian tiga pihak (BEI, perguruan tinggi, dan perusahaan sekuritas). Jumlah investor baru, minimal 100 orang per galeri per tahun. Kegiatan yang diselenggarakan minimal empat kali dalam satu tahun," imbuh Nicky.

Pemilihan perguruan tinggi dikarenakan lokasi ini merupakan kantong-kantong anak muda. Sementara itu, ketika ditanya apakah BEI akan membuka galeri investasi di intansi-instansi pemerintah, Nicky mengatakan, untuk edukasi di lingkungan instansi pemerintah pihaknya lebih mengandalkan seminar atau workshop pasar modal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.