Stok Minyak Mentah AS Capai Level Puncak, Harga Minyak Drop

Kompas.com - 16/02/2017, 10:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak pada Rabu (15/2/2017) kembali turun setelah stok minyak mentah dan bensin di Amerika Serikat (AS) mengalami peningkatan.

Patokan minyak West Texas Intermediate (WTI) turun 9 persen ke level 53,11 dollar AS per barel. Sedangkan patokan minyak Brent turun 24 sen ke level 55,73 dollar AS per barel.

Sementara itu, harga bensin naik 0,1 persen ke level 1.548,5 dollar AS per galon, setelah turun 0,8 persen.

Berdasarkan laporan Administrasi Informasi Energi (EIA) dikutip dari CNBC, pada Kamis (16/2/2017), cadangan minyak mentah di AS naik 9,5 juta barel pada pekan lalu.

Stok minyak mentah mencapai level puncak sebanyak 518,2 juta barel. Adapun stok bensin di AS menyentuh rekor kenaikan sebesar 2,8 juta barel menjadi sebanyak 259,1 juta barel.

"Peningkatan stok bensin seiring dengan tren musiman serta menunjukkan permintaan yang masih rendah," kata analis senior energi di Interfax Energy's Global Gas Analytics di London, Abhishek Kumar.

Menurut Helima Croft, kepala global komoditas strategis di RBC Capital Market, para pedagang mendapat laporan adanya perawatan kilang yang cukup besar, sehingga terjadi peningkatan stok minyak mentah.

Sedangkan permintaan bensin yang masih rendah, kemungkinan besar berhubungan dengan cuaca.

Negara-negara Eksportir Minyak (OPEC) pada bulan Januari telah merealisasikan sebesar 90 persen dari komitmen pemangkasan produksi di paruh pertama 2017.

OPEC dan negara produsen minyak dunia lainnya, Rusia sepakat untuk mengurangi produksi sebesar 1,8 juta barel per hari.

Namun demikian, kepatuhan dari Irak yang hanya 40 persen menjadi problem tersendiri bagi kartel. 

Kompas TV Negara OPEC Sepakat Pangkas Produksi Minyak

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNBC


Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.