Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilkada Serentak Aman, Pengusaha Makin Optimistis

Kompas.com - 16/02/2017, 20:14 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengapresiasi pelaksanaan pilkada serentak di 7 provinsi dan 101 kabupaten atau kota. Sebab, pelaksanaannya dinilai berjalan aman.

"Kami bersyukur situasinya terkendali, situasi politik mulai menurun," ujar Ketua Apindo Haryadi Sukamdani kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Ia mengakui, para pengusaha sempat khawatir sebelum pelaksanaan pilkada serentak, terutama di DKI Jakarta. Sebab, suhu politik sempat memanas menyusul munculnya isu-isu negatif.

Namun, setelah melihat pelaksanaan pilkada serentak berjalan lancar, optimisme mulai muncul. Apindo yakin kondisi kondusif bisa terjaga hingga putaran dua Pilkada DKI pada April 2017 mendatang.

"Kondisinya lebih kondusif, insya Allah sampai putaran kedua ini bisa lebih baik. Mungkin ini proses yang harus dilewati," kata Haryadi.

Pemilihan kepala daerah berlangsung secara serentak di 101 daerah, meliputi tujuh provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota. Ketujuh provinsi itu yakni Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memastikan, situasi keamanan di 101 wilayah yang menyelenggarakan pilkada kondusif. Wakil Presiden Jusuf Kalla sudah memberikan apresiasi lantaran penyelenggaraan pilkada berlangsung lancar dan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com