Perbaiki TI, Pelindo I Target Kuasai Bisnis Kepelabuhan di Indonesia

Kompas.com - 17/02/2017, 05:58 WIB
|
EditorAprillia Ika

MEDAN, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I Bambang Eka Cahyana menjelaskan, dengan diterapkannya IT Based Services Company, harapannya kegiatan operasional lebih efektif dan efisien sehingga perusahaan memiliki daya saing dibanding kompetitor. 

"Strategi ini juga diharapkan mampu membawa Pelindo I menjadi pemimpin pasat di bisnis kepelabuhanan dan logistik di Indonesia,” kata Bambang pada rapat dinas Pelindo I di Pematang Siantar, Kamis (16/2/2017).

Acara rapat dinas ini akan berlangsung hingga 18 Februari 2017.

Pada kesempatan sama, Komisaris Utama Komisaris Utama Pelindo I M Nawawiy Loebis mengatakan bahwa dalam menghadapi dan menjawab tantangan perekonomian global saat ini, Pelindo I tidak bisa hanya mengelola captive market saja.

Namun, diperlukan pengembangan dan kerja sama bisnis strategis. Oleh sebab itu, Pelindo I diharapkan tetap melanjutkan kebijakan diversifikasi bisnis secara inovatif dan kreatif. 

Menurut M Nawawiy Loebis, implementasi sistem teknologi informasi (TI), baik ERP (Enterprise Resource Program), SSU (Shared Services Unit), maupun TOS (Terminal Operating System) secara terintegrasi dan terautomatisasi merupakan langkah cerdas dan tepat untuk menghadapi persaingan bisnis saat ini.

Melalui ERP, semua proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasional, produksi, maupun distribusi di perusahaan dapat diintegrasikan dan terautomatisasi. Sehingga, proses bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.