Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Koperasi dan UKM Sektor Pariwisata Dioptimalkan

Kompas.com - 17/02/2017, 18:24 WIB
Pramdia Arhando Julianto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dikembangkannya 10 destinasi pariwisata baru di Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM pun mendorong peningkatan kapasitas koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) sektor pariwisata.

Hal ini dilakukan agar nantinya koperasi dan UKM dapat berdaya saing dan juga meningkatkan taraf ekonomi di sekitar kawasan pariwisata baru.

Untuk mewujudkannya, Kementerian Koperasi dan UKM menggelar bimbingan teknis (bimtek) dan sosialisasi terpadu di Tanjung Pandan Belitung.

Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM, Meliadi Sembiring menjelaskan bimtek dilakukan dengan empat agenda sekaligus yakni mengembangkan koperasi wisata, yaitu bimtek advokasi akuntabilitas, tata kelola koperasi yang baik, penerapan tata kelola UKM yang baik serta sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang koperasi.

Menurut Meliadi, peran koperasi dan UKM akan dilibatkan penuh untuk mendorong kunjungan wisatawan di daerah-daerah wisata prioritas, di antaranya di Bangka Belitung. 

"Koperasi dan UKM akan didorong untuk mengambil peran. Mulai dari kuliner, souvenir, trasportasi, hingga penginapan," tegas Meliadi melalui keterangan resmi, Jumat (17/2/2017).

Meliadi mengakui, pengembangan koperasi di daerah wisata dinilai sangat baik dan efisien dibandingkan jika UKM bergerak sendiri sendiri.

"Kenapa harus koperasi? Karena itu akan jauh lebih efisien jika dibandingkan dikelola sendiri sendiri," katanya.

Meliadi mengatakan, nantinya para wisatawan baik domestik maupun mancanegara mulai dari kedatangan, menginap, makanan hingga oleh-oleh serta kepulangan, akan dilayani oleh koperasi dan UKM.

Pemerintah menargetkan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara di Tanah Air pada 2019 sebanyak 20 juta orang.  Untuk mengejar target itu, pemerintah memprioritaskan 10 destinasi wisata yang disebut sebagai 10 Bali Baru.

Destinasi tersebut adalah Danau Toba, Belitung, Tanjung Lesung, Kepulauan Seribu, Candi Borobudur, Bromo, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com