Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Depan, Menteri BUMN Terima Nama-nama Calon Dirut Pertamina

Kompas.com - 17/02/2017, 20:40 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga hari ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengaku belum menerima usulan nama-nama calon Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Menurut Rini, nama-nama tersebut masih digodok oleh Dewan Komisaris perusahaan migas nasional itu. "Sekarang mereka sedang kaji ya. Insya Allah (secepatnya)," ujar Rini di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Jumat (17/2/2017).

Deputi BUMN bidang Energi, Logistik, dan Kawasan Edwin Hidayat Abdullah menuturkan, Dewan Komisaris Pertamina belum rampung menyelesaikan penilaian terhadap nama-nama calon pimpinan pucuk Pertamina.

Ia mengatakan, Dewan Komisaris Pertamina sudah memiliki target akan merampungkan penilaian pada pekan depan. Setelah itu, nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Menteri BUMN.

"Nanti Ibu Menteri pegang (hasilnya) dan bikin shortlist, lalu lapor Presiden," kata Edwin. Kementerian BUMN memastikan, keputusan akhir nama Direktur Utama Pertamina ada di tangan Presiden.

Sementara nama-nama calonnya, baik internal maupun eksternal, akan ditentukan oleh Menteri BUMN atas usulan Dewan Komisaris Pertamina.

Sebelumnya, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengambil langkah untuk melakukan perombakan di tubuh PT Pertamina Persero.

Berdasarkan rapat umum pemegang saham (RUPS), Menteri BUMN mencopot dua pimpinan Pertamina yakni Direktur Utama Dwi Soetjipto dan Wakil Direktur Utama Ahmad Bambang pada Jumat (3/2/2017).

Pencopotan dua pimpinan Pertamina itu dilakukan dalam rangka penyegaran di dalam tubuh perusahaan pelat merah itu. Terlebih lagi, ada masalah kepemimpinan di tubuh Pertamina di bawah kendali Dwi Soetjipto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com