Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jateng Minta Literasi Keuangan Ditingkatkan

Kompas.com - 18/02/2017, 17:30 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta agar edukasi dan literasi keuangan lebih gencar disampaikan kepada masyarakat. Tujuannya, agar kegiatan investasi fiktif atau bodong bisa ditekan.

Ganjar mengaku punya pengalaman menarik terkait kegiatan investasi fiktif. Saat masih menjadi anggota DPR RI, konstituennya banyak bercerita bahwa investasi tidak hanya menyasar kekayaan warga biasa, tapi juga kekayaan tempat ibadah.

“Saat saya masih di DPR, takmir masjid ikut masukkan duit yang dikelola untuk masjid ke dalam investasi, tapi ternyata itu (investasi) bodong. Berharap untung, tapi justru harus rugi dua kali,” kata Ganjar, di Semarang, Sabtu (18/2/2017)

Ganjar pun berharap agar pelaku industri keuangan bisa ikut mengurangi kegiatan investasi abal-abal itu. “Saya harap Kantor OJK bisa jadi tempat sarana belajar, sarana informasi, dan literasi keuangan yang bagus,” imbuhnya.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D Hadad mengatakan, saat ini literasi keuangan masih diperlukan bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah. Kalangan UMKM masih banyak yang belum paham soal fasilitas pembiayaan dan kredit usaha rakyat.

Oleh karena itu, tim akses keuangan daerah diminta tidak segan turun dan menjelaskan agar pemahaman soal keuangan bisa meningkat.

“Masih banyak para pelaku UMKM yang belum paham apa itu KUR, fasilitas pembiayaan, dan mekanisme berhubungan dengan sektor keuangan. TPAKD saya harap agar terus sosialisasi, serta mencoba menciptakan model pembiayaan yang kreatif dan inovatif,” kata Muliaman kemarin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com