Kompas.com - 21/02/2017, 14:24 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Penasihat Presiden AS Donald Trump, Carl Icahn mengumumkan melepas sebagian saham Freeport McMoran pada pekan lalu. Sebaliknya, Icahn menambah kepemilikan saham pada Herbalife.

CNBC pekan lalu memberitahan bahwa Icahn telah mengurangi sebagian sahamnya di Freeport sehingga dia menggenggam 91,2 juta saham Freeport kelas B per 31 Desember 2016. Namun demikian, Icahn tercatat masih menjadi salah satu investor terbesar Freeport.

Di sisi lain, Icahn menambah kepemilikannya di Herbalife, sehingga dia memegang 22,5 juta saham di perusahaan ini.

Icahn selama ini dikenal sebagai aktivis investor. Dia masuk ke Freeport saat pemegang saham perusahaan ini marah kepada manajemen akibat membengkaknya utang gara-gara gagal berinvestasi di sektor migas.

Masuknya Icahn menjadikan Freeport terus berada dalam sorotan, karena dia terus mendesak perusahaan tambang ini untuk fokus dalam penyelesaian utang. Saat itu, Icahn masuk ke Freeport dengan menggenggam sekitar 8,3 persen saham.

Icahn melakukan negosiasi dengan manajemen. Salah satunya dengan memangkas jumlah direksi dari 16 menjadi 11. Selain itu, dia juga mendudukkan dua orang perwakilan dari Icahn Enterprises sebagai direktur di jajaran dewan direksi Freeport.

Icahn sebelumnya mendorong Donald Trump kaju pada ppilpres AS 2016. Dia juga mengumumkan pembentukan super PAC atau semacam komite yang mendorong reformasi pajak perusahaan.

Setelah masuk dalam daftar calon presiden dari Partai Republik, Trump mengumumkan bahwa ia akan mencalonkan Icahn untuk Menteri Keuangan. Namun, posisi ini akhirnya dipegang oleh Steve Mnuchin.

Saham Freeport ditutup melemah 1,91 persen pada akhir pekan lalu. Namun demikian, saham perusahaan ini telah menguat sebesar 115,46 persen dalam satu tahun ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.