Tips Sehat Pembagian Uang Suami dan Istri

Kompas.com - 26/02/2017, 11:00 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk membantu keuangan rumah tangga, biasanya seorang istri tidak akan mau hanya berdiam diri saja di rumah tanpa melakukan sesuatu. Biasanya seorang istri akan bekerja untuk membantu keuangan rumah tangga, entah itu menjadi seorang pegawai atau menjadi wirausaha dengan membuka toko kecil-kecilan di rumah.

Uang adalah hal yang sangat sensitif. Rumah tangga banyak yang gagal hanya karena kondisi keuangan yang tidak stabil. Maka dari itu dalam kehidupan rumah tangga sering dilakukan pembagian antara uang suami dan istri.

Namun selama ini kita sering mendengar bahwa uang suami adalah juga uang istri, namun uang istri hanyalah uang istri saja.

Apakah ini adil? Dalam hukum Islam, hal ini sah-sah saja. Uang istri memang hanyalah uang istri dan tidak bisa diganggu gugat oleh suami.

Termasuk mas kawin yang pernah diberikan suami kepada istri, ataupun hadiah lainnya yang pernah diberikan suami tidak bisa ia minta kembali dari istrinya.

Tentu saja hal di atas akan sangat sulit diterima oleh sang suami. Jika demikian, maka ada baiknya jika Anda beserta pasangan membicarakan hal ini terlebih dahulu sebelum menikah agar tidak terjadi kegagalan rumah tangga yang berujung pada perceraian.

Inilah beberapa tips untuk mengatur pembagian antara uang suami dan istri.

1.    Bagi Rata

Ini adalah hal pertama yang perlu dilakukan. Saat gajian tiba, hitunglah berapa jumlah pengeluaran yang akan dibayarkan setiap bulannya. Pengeluaran bulanan sudah termasuk cicilan rumah, kendaraan, pengeluaran bulanan, tabungan, dana asuransi, biaya untuk investasi, juga dana untuk pensiunan, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui berapa total keseluruhan, langsung dibagi dua. Hasil yang diperoleh adalah hasil yang memang harus Anda dan pasangan setorkan setiap bulannya dari total penghasilan yang diterima.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.