Selain Perubahan Iklim, 2 Hal Ini Jadi Tantangan Ketahanan Pangan

Kompas.com - 27/02/2017, 10:15 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorAprillia Ika

KUTA, KOMPAS.com - Selain perubahan iklim, migrasi kelompok usia muda dari perdesaan ke perkotaan serta alih fungsi lahan pertanian menjadi tantangan ketahanan pangan.

"Ini tak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di dunia," kata Direktur Bidang Pertanian Asian Productivity Organization (APO) Muhammad Saeed melalui keterangan tertulis ke Kompas.com, Senin (27/2/2017).

Saeed menyampaikan gagasannya itu dalam pertemuan lima hari mulai Senin ini dalam ajang APO di Kuta, Bali.

(Baca: Bali Tuan Rumah Pertemuan APO)

"Kini ada 2,6 miliar penduduk urban di dunia," imbuh Saeed. Migrasi sebagaimana disebutkan Saeed, membuat pekerjaan bidang pertanian kehilangan sumber daya manusia (SDM).

"Sekarang, malahan kelompok usia lanjut yang mengerjakan pertanian," ujar Saeed. Kemudian, alih fungsi lahan pertanian, ikut memberi dampak. "Pembangunan perumahan dan industri di lahan pertanian kian banyak."

Pertemuan APO resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Hari Priyono. 
Selain dari Indonesia, delegasi yang hadir berasal dari China, Filipina, Nepal, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, Sri Lanka, Kamboja, Banglades, dan India.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kompas TV Tim Ketahanan Pangan Sidak 5 Pasar
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.