Kompas.com - 27/02/2017, 12:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah mengaku belum tahu persis angka investasi yang akan masuk dari Arab Suadi seiring kedatangan Raja Salman ke Indonesia. Meski begitu, pemerintah memiliki harapan tinggi.

"Kami berharap beberapa miliar dollar bisa dapat tergantung dari finalisasinya," ujar Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Senin (27/2/2017).

Ia menuturkan, ada lima nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang akan ditandatangani.

Meliputi: promosi seni dan warisan budaya, pertukaran ahli termasuk kesehatan haji dan umrah.

Sisanya yakni MoU promosi Islam moderat melalui dakwah dan pertukaran ulama, peningkatan frekuensi penerbangan dari saudi arabia ke Indonesia, dan pemberantasan kejahatan, terutama penanggulangan kejahatan lintas batas.

Di sektor migas, Luhut memastikan ada kerja sama antara Saudi Aramco dengan Pertamina terkait upgrading kilang minyak di Cilacap.

"Kita berharap tanggal 2 Maret sudah ketemu (dengan rombongan Raja Salman)," kata Luhut.

Sebelumnya, Raja Salman dari Arab Saudi dijadwalkan akan berada di Jakarta pada 1-4 Maret 2017. Selanjutnya pada 4-9 Maret 2017, ia akan mengunjungi Bali dalam rangka berlibur.

Kompas TV Kedatangan Raja Arab Saudi ke Indonesia menjadi sorotan. Mulai dari berbagai barang yang dibawanya hingga banyaknya rombongan yang akan ikut serta pada kunjungan kenegaraannya, setelah terakhir kali datang ke Indonesia 47 tahun silam.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.