Kompas.com - 27/02/2017, 18:15 WIB
Ilustrasi e-commerce usabilitygeek.comIlustrasi e-commerce
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam beberapa tahun terakhir, kegiatan perdagangan dengan kanal elektronik atau e-commerce di Indonesia berkembang sangat pesat. Perkembangan e-commerce tersebut ternyata membawa berkah pula bagi perusahaan yang bergerak di bidang kargo dan logistik.

VP Marketing JNE Eri Palgunadi menyatakan, dalam 10 tahun terakhir, hampir semua masyarakat kelas menengah di Indonesia memiliki kesempatan untuk berjualan. Dalam kegiatan tersebut, perusahaan kargo dan logistik, seperti JNE, pastilah berada dalam rantai ekonomi itu.

"Kami harus mengedukasi bahwa (penjual atau pedagang) harus lebih baik dalam proses menjual, pengiriman, dan distribusi," ujar Eri dalam konferensi pers Indonesia Marketeers Festival (IMF) 2017 di Jakarta, Senin (27/2/2017).

Eri menjelaskan, pesatnya kegiatan perdagangan oleh masyarakat ini diperkuat pula dengan hadirnya media sosial yang memungkinkan masyarakat menjual produk, semisal Instagram.

Fenomena ini lagi-lagi memberikan dampak bagi JNE. Meskipun tidak menyebut angka statistik secara pasti, Eri menyatakan, saat ini sudah 700.000 tautan menyertakan JNE di Instagram.

Semua tautan tersebut terkait barang dagangan ataupun toko online. Menurut Eri, selain kehadiran media sosial sebagai sarana untuk memasarkan produk, kehadiran lapak-lapak jualan online juga memengaruhi bisnis JNE yang kian pesat.

Kondisi unik yang terjadi adalah banyak di antara para pedagang merupakan kaum muda. "Mesin penjualan saat ini sebenarnya ada di anak muda. Usianya 20 sampai 23 tahun, belum lulus sekolah, jualan casing untuk handphone, tetapi omzetnya Rp 20 juta sampai Rp 30 juta per bulan," tutur Eri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Eri menyatakan, pihaknya tidak ingin melewatkan momentum ini. Selain terus memperbaiki layanan, imbuh dia, JNE juga ingin mengoptimalkan digitalisasi dalam kegiatan bisnisnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.