Modal Telepon Genggam, Para Sarjana Teknik Ini Sukses di Dunia Dagang

Kompas.com - 28/02/2017, 12:00 WIB
Leo Agung Puri Bowo Laksono, pemilik toko online Sekar Jagad Bali di Tokopedia Dok. TokopediaLeo Agung Puri Bowo Laksono, pemilik toko online Sekar Jagad Bali di Tokopedia
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbisnis secara online tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan, butuh mereka yang berani mengambil risiko untuk mewujudkan impiannya.

Berikut adalah cerita para pendiri di balik bisnis daring (e-commerce) Sekar Jagat Bali dan Jnanacrafts.

Para pendiri bisnis tersebut adalah mereka yang berani mengambil risiko, sebab rela melepas pekerjaannya masing-masing dengan menjadi seorang wirausaha.

Usaha bernama Sekar Jagat Bali lahir pada 2009 silam melalui tangan Leo Agung Puri Bowo Laksono (35).

Leo Agung memilih untuk meninggalkan pekerjaan mapan sebagai seorang insiyur di salah satu perusahaan elektronik multinasional. Dia lalu mewujudkan mimpi membangun bisnisnya sendiri.

Dengan modal awal sebuah telepon genggam dan koneksi internet, toko online yang menyediakan produk spa dan aromaterapi milik Leo Agung kini beromzet Rp 150 juta per bulan.

Sang pemilik, berlatar Sarjana Elektro Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dia mengungkapkan harapan pada bisnisnya tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya ingin Sekar Jagat Bali ke depannya bisa menjadi sebuah pusat belanja produk-produk khas Bali yang kemudian bisa membanggakan nama Indonesia,” ujarnya, melalui rilis pers.  

Dok. Tokopedia Putu Eko Filyawan, Owner Jnanacarfts di Tokopedia

Kisah selanjutnya datang dari pemberani lain yakni Putu Eko Filyawan. Ia memutuskan untuk hengkang dari perusahaan energi dan perhiasan tempatnya bekerja untuk membangun bisnis online perhiasan peraknya sendiri, Jnanacrafts. 

Filyawan membangun bisnisnya sejak lima tahun yang lalu. Dalam mengembangkan bisnisnya, Filyawan menggandeng beragam komunitas perajin di Bali.

“Dimulai dari Tokopedia, saya percaya bahwa kesuksesan hanya bisa diraih dengan membantu orang lain menjadi lebih sukses,” tutur Sarjana Sains Elektronika UGM yang kini berusia 32 tahun tersebut.

Pebisnis daring yang sudah beromzet puluhan juta per bulan ini pun berharap suatu hari nanti bisa menunjukkan karya-karya Jnanacrafts lewat pameran berskala nasional.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.