Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Syariah Mandiri Kucurkan Pembiayaan untuk Grup PT Inka

Kompas.com - 28/02/2017, 18:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Mandiri (BSM) menyalurkan pembiayaan bagi grup produsen kereta api PT Industri Kereta Api Indonesia (Persero). Pembiayaan ini diharapkan dapat menggenjot geliat sektor infrastruktur.

Perjanjian pembiayaan dilakukan dengan tiga anak perusahaan Inka, yakni PT Inka Multi Solusi (IMS), PT Inka Multi Solusi Trading (IMST), dan PT Inka Multi Solusi Servis (IMSS).

Pembiayaan yang disepakati merupakan pembiayaan line facility untuk project financing atau modal kerja dengan plafon masing-masing Rp 150 miliar untuk PT IMS, Rp 160 miliar untuk PT IMST, dan Rp 42 Miliar untuk PT IMSS.

Pembiayaan ini menggunakan akad musyarakah dengan tenor line facility 24 bulan. Ketiga perusahaan tersebut akan menggunakan dana modal kerja dari BSM untuk mengerjakan proyek-proyek yang diperoleh dari PT Inka.

Direktur Wholesale Banking BSM Kusman Yandi mengatakan, pembiayaan infrastruktur menjadi salah satu fokus pengembangan bisnis BSM. Selain itu, BSM juga berkomitmen untuk mewujudkan sinergi di antara anak perusahaan BUMN.

"Pembiayaan infrastruktur merupakan salah satu sektor industri yang menjadi fokus pertumbuhan bisnis BSM, antara lain infrastruktur di bidang prasarana transportasi seperti infrastruktur kereta api, jalan tol, pelabuhan laut dan bandara," kata Kusman dalam pernyataan resmi, Selasa (28/2/2017).

Menurut Kusman, BSM akan fokus untuk tumbuh di beberapa sektor industri yang memiliki prospek baik, seperti sektor infrastruktur yang dikerjakan atau dikelola perusahaan BUMN dan anak perusahaannya.

Sampai akhir tahun 2016, BSM menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 55,58 triliun. Adapun portofolio pembiayaan wholesale banking sebesar Rp 24,79 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com