Di Hadapan Presiden, Pengusaha Berharap Tarif PPh Badan Diturunkan

Kompas.com - 28/02/2017, 19:25 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyambut baik langkah pemerintah melalukan reformasi perpajakan, termasuk amandemen sejumlah undang-undang pajak.

Namun, pengusaha memiliki harapan khusus. Harapan tersebut diungkapkan dihadapkan Presiden Joko Widodo dalam acara Farewell Tax amnesty.

"Pengurangan tarif pajak penghasilan (PPh badan) untuk naikkan kompetisi ekonomi kita," ujar Ketua Apindo Haryadi Sukamdani di Jakarta, Selasa (28/2/2017).

Menurut Hariyadi, sejumlah negara sudah berencana menurunkan tarif PPh badannya. Amerika Serikat misalnya, akan menurunkan PPh badan dari 35 persen menjadi 15-20 persen.

Kondisi itu bisa membuat pengusaha akan berinvestasi di luar negeri ketimbang di dalam negeri. Sebab tarif PPh badan di dalam negeri masih 25 persen.

Selain itu, Apindo juga meminta pemerintah untuk terus melakukan peningkatan kualitas pelayanan pajak hingga pengadilan pajak. Dengan begitu ia yakin akan meminimalisir kasus sengketa pajak.

"Apindo sambut baik langkah pemerintah lakukan reformasi perpajakan. Kami harap pasca tax amnesty bisa dilakukan amandemen KUP, UU PPh, PPN, dan UU Pengadilan Pajak," kata Hariyadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.