Saham Maskapai Penerbangan "Bikini" Jadi Primadona Bursa Vietnam

Kompas.com - 01/03/2017, 11:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

HO CHI MINH CITY, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan murah Vietnam, Vietjet, telah resmi mencatatkan saham perdananya di bursa efek Vietnam. Maskapai ini tersohor lantaran para pramugarinya mengenakan busana renang bikini di dalam pesawat.

Di hari pertamanya melantai di bursa, Selasa (28/2/2017), saham Vietjet langsung melesat 20 persen. Ketertarikan investor akan saham Vietjet didorong pesatnya laju pertumbuhan padar penerbangan domestik di Vietnam, salah satu yang paling pesat di Asia.

Saat ini Vietjet mengoperasikan sekitar 60 rute penerbangan baik domestik maupun internasional. Maskapai penerbangan swasta pertama di Vietnam ini berharap dapat memiliki 200 armada pesawat pada 2023.

Vietjet meluncurkan penerbangan komersial pertamanya pada Desember 2011. Namun, berkat cepatnya pertumbuhan masyarakat kelas menengah, Vietjet kini adalah maskapai penerbangan terbesar kedua di Vietnam, hampir melampaui flag carrier Vietnam Airlines.

Kedua maskapai ini memiliki pangsa pasar 40 persen. Akah tetapi, kalau mempertimbangkan pertumbuhan Vietjet, maskapai tersebut bisa bertengger di peringkat pertama.

Sebagian besar analis setuju bahwa pasar penerbangan domestik Vietnam akan terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Akan tetapi, yang masih menjadi pertanyaan apakah Vietjet bisa tumbuh pula di pasar luar negeri.

"Tidak diragukan lagi (Vietjet) adalah maskapai penerbangan murah yang dominan di Vietnam. Pertanyaannya adalah apakah mereka bsnar bisa memperluas model itu ke luar negeri," ujar Greg Waldron, analis penerbangan pada FlighGlobal seperti dikutip dari BBC, Rabu (1/3/2017).

Terlepas dari pertumbuhannya yang mengesankan, Vietjet dikenal karena cara pemasarannya yang eksentrik. Ada masa di mana secara berkala para pramugari Vietjet hanya mengenakan bikini sebagai seragamnya.

"Mereka cerdas dalam pemasarannya. Ini membuat mereka memperoleh publikasi di seluruh dunia," tutur Waldron.

Otoritas di Vietnam pun pernah menjatuhkan denda pada Vietjet lantaran "cara jualan" yang dinilai tidak pantas tersebut. 

Kompas TV Maskapai Larang Penumpang Bawa Galaxy Note 7
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.