Kompas.com - 01/03/2017, 11:25 WIB
BTS Telkomsel. Dok. TelkomselBTS Telkomsel.
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telekomunikasi, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom, berencana untuk membangun Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) antara Jayapura dan Manokwari pada tahun depan.

Kabel laut sepanjang 1.000 kilometer tersebut akan menjadi jalur diversity dalam rangka meningkatkan kualitas layanan Telkom di Papua.

VP Corporate Communication Telkom Arif Prabowo mengatakan, hingga saat ini, Telkom telah membangun jaringan tulang punggung pita lebar nasional dari Sabang sampai Merauke.

Terakhir, pada awal 2016, Telkom telah menyelesaikan pembangunan jaringan serat optik Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS).

Jaringan istem kabel ini menghubungkan wilayah Sulawesi, Maluku, hingga ke kota-kota di Papua, antara lain Jayapura, Sarmi, Biak, Manokwari, Sorong, Fak Fak, Kaimana, Timika, dan Merauke.

"Dengan telah tergelarnya jaringan SMPCS yang ditunjang dengan sistem komunikasi satelit, kesenjangan akses informasi, khususnya di wilayah Indonesia timur, diharapkan dapat teratasi sehingga pemerataan pembangunan dapat dirasakan oleh masyarakat di seluruh pelosok negeri," kata Arif di Jakarta melalui keterangannya, Rabu (1/3/2017).

Layanan Indihome Diminati

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Papua, layanan triple play Indihome dari Telkom diminati warga Papua. Layanan ini berhasil memikat lebih dari 12.000 pelanggan di Papua.

“Berkat konsistensi Telkom menggelar jaringan broadband berbasis fiber optik dan dukungan satelit, kami bisa dikatakan satu-satunya triple play di Papua. Kehadiran layanan IndiHome mulai dari Raja Ampat hingga Merauke di Papua. Cek tetangga sebelah, ada tidak yang seperti IndiHome ini melayani negeri hingga ke pelosok?” ungkap VP Marketing Telkom Jemy V Confido.

Dia mengungkapkan, permintaan masyarakat Indonesia terhadap produk broadband IndiHome fiber itu tinggi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.