Laba Bersih Bank BJB 2016 Tumbuh 14,4 Persen Jadi Rp 1,56 Triliun

Kompas.com - 02/03/2017, 18:05 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) pada 2016 membukukan laba bersih sebesar Rp 1,56 triliun, atau meningkat 14,4 persen secara tahunan (year on year/YoY).

Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan mengatakan, faktor utama yang menjadi penyumbang laba bersih Bank BJB berasal dari pendapatan bunga bersih yang tumbuh 23,4 persen YoY menjadi Rp 5,7 triliun.

Pada 2016, Bank BJB juga berhasil menurunkan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) menjadi 1,69 persen dari 2,91 persen di 2015.

"Bank BJB terus memperkuat posisi sebagai lembaga intermediasi yang ditunjukkan dengan pertumbuhan kredit mencapai 14,2 YoY menjadi Rp 63,1 triliun," kata Ahmad usai Analyst Meeting di kawasan SCBD, Jakarta, Kamis (2/3/2017).

Ahmad menjelaskan, dari sisi segmentasi Bank BJB terus meningkatkan penyaluran kredit seluruh segmen bisnis dengan pertumbuhan tertinggi pada segmen konsumer mencapai Rp 44,2 triliun, atau tumbuh 15,7 YoY.

NPL pada segmen konsumer ini membaik dari 0,09 persen pada 2015 menjadi 0,07 persen di akhir 2016. Lebih lanjut, Ahmad menuturkan, biaya dana terjaga di level 4,9 persen, sehingga marjin bunga bersih dapat mencapai 7,4 persen.

"Dari sisi permodalan saat ini, rasio kecukupan modal sebesar 18,4 persen, dan ini memberikan ruang yang cukup untuk melakukan ekspansi bisnis di masa yang akan datang," kata Ahmad.

Pada akhir 2016, Bank BJB menerbitkan Medium Term Notes (MTN) sebesar Rp 1,1 triliun untuk memperkuat likuiditas bank. Dana yang diperoleh dari penerbitan MTN akan digunakan untuk ekspansi kredit tahun ini.

Saat ini pemegang saham Bank BJB terdiri dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (38,26 persen), Pemerintah Kabupaten/Kota Jawa Barat (23,61 persen), Pemerintah Provinisi Banten (5,37 persen), serta Pemerintah Kabupaten/Kota Banten (7,76 persen). Sementara itu, publik memegang sebesar 25 persen saham Bank BJB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.