Ini Program Menteri Jonan untuk Pemerataan Akses Energi di Papua

Kompas.com - 06/03/2017, 12:05 WIB
Menteri ESDM Ignasius Jonan Iwan Supriyatna/KOMPAS.comMenteri ESDM Ignasius Jonan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan fokus pemerataan akses energi di wilayah Papua dan Papua Barat.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan mengatakan, untuk menyeragamkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM), pihaknya akan membangun 33 agen penyalur BBM hingga 2019.

"Saat ini telah beroperasi di total tujuh  Kabupaten di Papua dan Papua Barat, sehingga harganya sama dengan Pulau Jawa. Kebijakan BBM satu harga ini disalurkan hanya sampai Agen Penyalur Minyak dan Solar (APMS)," ujar Jonan dalam keterangan resminya, Senin (6/3/2017).

Selain kebijakan BBM satu harga, Kementerian ESDM juga akan membangun infrastruktur jaringan gas kota. Direncanakan tahun 2018 akan terbangun jaringan gas kota di dua lokasi dengan 11.500 sambungan rumah tangga.

Tidak hanya itu, pengelolaan migas melalui proyek LNG Tangguh Train 3 juga menjadi fokus pengembangan di Indonesia Timur.

"Jaringan gas kota ini sampai 2018 ya. Pengelolaan Tangguh Train 3 juga masih berlangsung. Target penyelesaian Tangguh ini di 2020," tambah Jonan.

Di sektor ketenagalistrikan, Kementerian ESDM menargetkan bisa merampungkan pembangunan pembangkit listrik di Papua dan Papua Barat dengan kapasitas 514 MW yang diselesaikan hingga 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, program listrik pedesaan juga dilanjutkan hingga menjangkau 186.000 pelanggan sampai tahun 2019.

Jonan menjelaskan bahwa rasio elektrifikasi nasional di tahun 2016 mencapai 91,16 persen atau sebesar 59.656 MW. Namun, masih ada 2.519 desa yang gelap gulita.

Untuk itu, dibutuhkan terobosan agar desa-desa tersebut segera menikmati listrik. "Kami akan mendistribusikan paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) ke berbagai wilayah khususnya Papua dan Papua Barat. Per rumah akan mendapat 4 paket," tutur Jonan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.