Kompas.com - 06/03/2017, 14:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) meyakini bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, akan segera menaikkan suku bunga acuannya atau Fed Fund Rate (FFR) dalam waktu dekat.

Keyakinan itu berdasarkan pantauan dari perkembangan pernyataan Gubernur Federal Reserve Janet Yellen dan para pejabat terkait belum lama ini.

"Minggu depan di saat Federal Open Market Committee (FOMC) meeting, kans-nya diatas 90 persen untuk FFR itu dinaikkan," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (6/3/2017).

Menurut Agus, perkembangan seputar kenaikan suku bunga acuan AS patut untuk diwaspadai oleh semua pihak. Sebab, ada imbas dari setiap kenaikkan suku bunga AS tersebut, terutama kepada nilai tukar rupiah.

Pasar sendiri, tutur Agus, sudah memprediksi akan terjadi kenaikan suku bunga acuan AS pada Maret ini. Prediksi itu berdasarkan kajian para pelaku pasar yang cukup luas. Meski begitu, BI yakin dampak kenaikan suku bunga acuan AS tidak akan berdampak besar kepada Indonesia.

"Karena di Indonesia stabilitas sistem keuangan dan kinerja makro ekonominya cukup baik," kata Agus.

Selain itu, Agus juga memastikan BI akan siap berada di pasar, melakukan intervensi untuk menjaga nilai tukar rupiah agar tetap stabil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.