Kompas.com - 06/03/2017, 19:01 WIB
Anton Gunawan Widodo S. Jusuf/Antara/KontanAnton Gunawan
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan segera mengumumkan hasil seleksi tahap ketiga. Kepala Ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk  mengharapkan, pimpinan OJK berikutnya diisi oleh para pelaku industri jasa keuangan.

Anton menyatakan, 35 nama calon DK OJK yang lolos seleksi tahap kedua berasal dari latar belakang yang beragam. Namun demikian, menurut dia yang utama sebenarnya adalah pelaku industri jasa keuangan sendiri.

"Saya mengharapkan pelaku industri keuangan yang masuk ke ke sana. Bukan hanya otoritas, BI, LPS, tapi lebih banyak pelakunya," kata Anton di kantornya di Jakarta, Senin (6/3/2017).

Anton mengatakan, selain diisi oleh pelaku industri perbankan, jajaran pimpinan OJK periode 2017-2022 juga diharapkan berasal dari pelaku industri keuangan nonbank (IKNB).

Pasalnya, IKNB memiliki banyak cakupan pengaturan namun selama ini dipandang kurang kuat dibandingkan perbankan.

"Perbankan sudah rigid, cuma yang nonbank ini yang tersendat. Ini termasuk soal investasi, investasi bodong," jelas Anton.

Ia menyatakan, diharapkan orang yang berani dan memiliki kepemimpinan yang dapat memimpin OJK. Menurut Anton, kepala eksekutif memiliki peran yang luar biasa dan harus bekerja sama dengan baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dan punya link atau pemikiran yang jauh ke depan. Bukan karena sudah mau pensiun saja lalu masuk sana. Bukan juga hanya penempatan," ujar Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.